Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Menolak Lupa Sumpah Pemuda Mari Berkenalan Dengan 4 Tokoh Ini

Menolak Lupa Sumpah Pemuda Mari Berkenalan Dengan 4 Tokoh Ini

Menolak Lupa Sumpah Pemuda Mari Berkenalan Dengan 4 Tokoh Ini (harustahu.info)

HarusTahu.info - Hari sumpah pemuda tentunya berkaitan dengan kongres pemuda kedua yang diadakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Namun sebelum itu, ada suatu hal yang menjadi dasar dan awal mula penggerak semangat kebangkitan nasional yang dipelopori oleh Budi Utomo! Sebuah organisasi kepemudaan lokal yang dibuat oleh para mahasiswa-mahasiswa STOVIA.

Organisasi Budi Utomo tersebut bergerak di bidang sosial, ekonomi dan pendidikan namun tidak dengan politik. Budi Utomo disebut sebagai organisasi yang melopori semangat kebangkitan nasional karena mereka adalah organisasi pertama yang tidak menggunakan latar belakang suku dan kelompok sebagai dasar berdirinya, mereka justru lebih terbuka dan umum bagi siapa saja tidak melihat status dan kesukuan seseorang.

Dari beberapa orang yang sangat berpengaruh dalam Budi Utomo, di dalam artikel ini kita hanya akan membahas empat orang dari mereka dan mengenal mereka lebih dekat lagi. Karena saya perhatikan tokoh-tokoh ini kurang mendapatkan perhatian publik dan sorotan media, yuk langsung aja kita simak apakah diantara mereka berempat ada yang sebelumnya sudah kamu ketahui?

1. Soeradji

Salah satu mahasiswa dari STOVIA yang bisa fasih berbahasa Jawa, maka dari itu Soeradji dapat menjadi perantara untuk pemikat masyarakat bumiputera dan masyarakat lokal pada saat itu. Soeradji termasuk kedalam orang penting yang berperan aktif dalam pembentukan organisasi Budi Utomo, sehingga keberadaannya sangat menentukan keberlangsungan organisasi.

Soeradji lahir di desa Uteran, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Ayahnya adalah seorang guru dan kepala sekolah rakyat yang bernama Tirtodarmo. Selepas masa-masa kemerdekaan dan setelah Agresi Militer Belanda, Soeradji menjadi seorang dokter dan membuka praktek pengobatan kepada rakyat dipelosok-pelosok desa. Beliau meninggal pada hari Minggu, 13 Desember 1959.


2. Gunawan Mangunkusumo

Mungkin publik jarang mendengar nama dan ceritanya, hmm.. kalau begitu bagaimana dengan Dr. Tjipto Mangunkusumo? Pasti kalian pada mengenalnya bukan? Setidakya pernahlah sekali mendengar namanya di buku IPS bangku sekolah dasar. Sama-sama memiliki akhiran nama mangunkusumo ya tepat sekali jika mereka berdua adalah saudara dan Gunawan adalah adik dari Dr. Cipto Mangunkusumo.


Namun sang adik memiliki watak radikal dan pembangkang yang gemar mengkritik pemerintahan Hindia Belanda pada saat itu. Jika Dr. Cipto Mangunkusumo lebih sibuk dengan jalur perpolitikannya di Volksraad, maka adiknya lebih terkenal di dalam organisasi Budi Utomo. Pada dasarnya keahlian ilmu dari Gunawan adalah medis dan seorang dokter, namun ia juga diketahui masuk kedalam dunia politik.

Gunawan juga sangat dekat dengan Sutomo, dia selalu diberi tugas untuk mengubah pikiran orang-orang terhadap pergerakan mereka melalui tulisannya.


3. Wahidin Sudirohusodo

Dialah seorang dokter yang lebih senior yang senang bergaul dengan para mahasiswa-mahasiswa muda yang nantinya bakal mendirikan Budi Utomo. Dia bukanlah anggota maupun pendiri Budi Utomo, namun perannya sebagai penggagas dan yang pertama kali mengusulkan ide tersebut sangat-sangat penting sehingga namanya selalu dikaitkan dengan Budi Utomo.


Wahidin juga senang memberikan perawatan dan pengobatan gratis kepada rakyat jelata. Pada dasarnya tujuan dan niat awalnya adalah untuk memajukan pendidikan bangsa yang pada saat itu sangat terbelakang, ia sering mengunjungi berbagai macam komunitas dan perkumpulan tokoh-tokoh yang berpengaruh di Jawa untuk mengusulkan idenya membuat "Dana Pelajar" demi membantu pemuda-pemuda yang memiliki potensi mendapatkan akses pendidikan, namun usahanya tersebut kurang mendapat tanggapan.


4. Dr. Soetomo

Ini adalah tokoh yang paling penting dan krusial dalam berdirinya Budi Utomo, siapa lagi kalau bukan si pendiri organisasi ini yaitu adalah Dr. Soetomo. Lahir di Nganjuk, Jawa Timur pada tanggal 30 Juli 1888. Awal mulanya ia memiliki nama Subroto kemudia pada saat memasuki bangku sekolah menengah ia mengganti namanya menjadi Soetomo.

Usut punya usut, walaupun ia berperan sebagai pendiri Budi Utomo, namun ia jugalah yang membubarkan organisasi tersebut karena dinilai sangat kurang berpengaruh terlebih lagi di dalam kontestasi politik Budi Utomo tidak terlalu dipentingkan. Pada akhirnya Budi Utomo dia bubarkan dan dilebur ke PBI (Perhimpunan Bangsa Indonesia).

Sekian itulah keempat orang yang sangat penting dan berhubungan dengan peringatan hari sumpah pemuda ini, diharapkan kepada khalayak untuk lenih mengenal dan mengetahui peran mereka dalam masa-masa kebangkitan perjuangan nasional.




Total dibaca: 1349x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Katsudo Shashi, Anime Tertua yang Pernah Ada
NULIS ?