Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Sepanjang Hari ini Gempa Hampir Terjadi di Seluruh Wilayah Indonesia

Sepanjang Hari ini Gempa Hampir Terjadi di Seluruh Wilayah Indonesia

Sepanjang Hari ini Gempa Hampir Terjadi di Seluruh Wilayah Indonesia

HarusTahu.info - Entah apa yang sedang terjadi di bumi pertiwi, hingga dalam waktu satu hari Indonesia sudah beberapa kali diguncang oleh gempa bumi.

Pertanda apakah ini? Berikut ini rekap gempa bumi sepanjang hari ini 07 Juli 2020.

Gempa Banten

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,4 M pada Selasa (7/7/2020) pada pukul 11.44. Gempa terjadi di kedalaman 82 km dan tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkas Bitung, Banten. Gempa ini dirasakan oleh sebagian warga Jakarta, Tangerang, hingga Depok.

Gempa Palu

Gempa hari ini mengguncang Palu dan sekitarnya pada 03:31:58 WIB, Selasa, 7 Juli 2020. BMKG mengumumkan gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 4 SR. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa Palu hari ini berada pada titik koordinat 0.59 LS 119.86 BT. Menurut BMKG pusat gempa berada di darat 7 km arah Timur Toaya Kab. Donggala. Adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 4 Km. BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Palu mewaspadai potensi gempa susulan. Berdasarkan data yang dirilis BMKG, guncangan akibat gempa Palu hari ini dirasakan pada sejumlah tempat berikut III Palu III Kab. Donggala

Gempa Jawa

Pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54.44 WIB, wilayah Laut Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,1. Episenter gempa terletak pada koordinat 5.77 LS dan 110.64 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut Jawa pada jarak 85 km arah utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah, pada kedalaman 539 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dalam akibat adanya deformasi atau penyesaran pada lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Jawa.


Nah itulah rangkaian gempa bumi yang terjadi sepanjang hari ini, dikutip dari berbagai portal berita dan info dari twitter.com/infoBMKG




Total dibaca: 1434x | Berikan Komentar!


Penulis : Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Merinding! Isi Pidato Bung Karno Sebelum Membacakan Naskah Proklamasi
NULIS ?