Jago Lagu
[CLOSE]

Pengertian Dewatering Dalam Sebuah Pelaksanaan Proyek

Pengertian Dewatering Dalam Sebuah Pelaksanaan Proyek

Pengertian Dewatering Dalam Sebuah Pelaksanaan Proyek

HarusTahu.info - Mengenal arti serta penjelasan Dewatering Dalam Sebuah Pelaksanaan Proyek, hallo guys ini adalah artikel pertama saya. Kedepannya saya akan berbagi banyak hal terkait ilmu teknik sipil. Terimakasih buat admin dan pengelola situs harustahu.info karena telah memberi wadah kepada kami untuk membagikan ilmu pengetahuan ke banyak orang dengan mudah.

Tidak perlu berlama-lama saya akan langsung membahas tentang salah satu pelaksanaan di sebuah proyek yaitu Dewatering.


Pengertian Dewatering

Sederhananya Dewatering adalah sebuah proses pengeringan air dari lokasi pekerjaan proyek, namun jika dijabarkan dalam arti luas sebagai berikut:

Dewatering merupakan istilah yang digunakan untuk proses pengeluaran air tanah atau pemantauan debit air tanah yang terdapat pada tanah dari lokasi pada struktur bangunan. Biasanya proses dewatering tersebut dilakukan dengan pemantauan lalu dilakukan nya pemompaan air, proses pemantauan tersebut dilakukan sebelum penggalian pada tanah, untuk dilakukannya memompa air dalam tanah, agar dapat mengurangi masalah selama penggalian, Dewatering juga dapat disimpulkan sebagai proses pemantauan dan mengendalikan air tanah.




Tujuan Dewatering

Dewatering dilakukan pada gedung-gedung yang akan memiliki basement yang cukup dalam, apabila kondisi air tanah tidak stabil pada bangunan maka dapat menyebabkan kegagalan konstruksi seperti keretakan hingga mengalami ablas nya tanah. Sehingga dengan adanya dewatering hasil pekerjaan bangunan jadi lebih kuat dan tahan lama.



Metode Dalam Dewatering

Ada beberapa metode yang biasa digunakan dalam proses dewatering, diantaranya adalah:

1. Metode Pumping



Pumping biasanya digunakan pada tanah yang memiliki karakteristik tanah padat, berkohesi,bergradasi baik, sumur maupun selokan digunakan untuk memompa tidak akan menggangu aktifitas di sekitar area konstruksi, untuk melakukan metode pumping tidak memerlukan waktu yang lama,dan tidak memerlukan pengeboran, pekerjaan pipa hanya perlu dilakukan di lubang penampungan air saja yang membuat proses dewatering dengan metode pumping lebih cepat.

2. Metode Predrainage

Predrainage merupakan metode yang menurunkan muka air lebih dahulu sebelum dilakukan nya galian, metode predrainage merupakan metode yang cocok digunakan apabila karakteristik dari tanah lepas, cadas lunak serta memiliki banyak cela dan tanah berbutir seragam, lalu metode ini biasanya juga di pakai di area yang memiliki saluran pembuangan pembuangan air,memiliki debit rembesan yang besar.


3. Metode Cut Off

Cut Off merupakan sebuah metode dewatering dengan cara melakukan pemotongan aliran air tanah dengan membuat dinding pembatas agar lokasi konstruksi bisa terbebas dari air tanah, metode tersebut biasa di pakai bila area proyek bersebelahan dengan gedung yang sensitif pada penurunan air tanah.



Ringkasan

Dewatering merupakan salah satu pelaksanaan pekerjaan yang sangat penting dalam kondisi lingkungan tertentu, dan hampir 80% jenis pekerjaan proyek menerapkan teknik dewatering dengan metode-metode sesuai kebutuhan.




Total dibaca: 3073x | Berikan Komentar!


Sipil Nulis
Penulis : Sipil Nulis
Bersama Membangun Negeri

Berbagi informasi seputar teknik sipil, semoga apa yang saya bagikan bermanfaat untuk kita semua.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Cuma Satu Jutaan, Xiaomi Redmi 9C Resmi Rilis di September 2020 Lihat Spesifikasinya
NULIS ?