Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Kenali Perbedaan E-Learning dan Blended Learning dalam Pembelajaran Daring

Kenali Perbedaan E-Learning dan Blended Learning dalam Pembelajaran Daring

Kenali Perbedaan E-Learning dan Blended Learning dalam Pembelajaran Daring

HarusTahu.info - Selama masa pandemi, banyak perguruan tinggi maupun sekolah-sekolah menerapkan pembelajaran daring. Sehingga ada banyak teknik yang dipakai dalam pembelajaran ini, mulai dari E-learning hingga blended learning. Lantas apa yang membedakan antara E-Learning dan Blended Learning dalam Pembelajaran Daring?

Pengertian Pembelajaran Daring

Sebuah teknik pembelajaran atau penyampaian informasi materi sebuah perguruan tinggi maupun sekolah, dengan melalui jalur komunikasi jaringan atau internet.

Biasanya pembelajaran daring dilakukan akibat terjadinya sebuah pandemi yang tidak bisa saling tata muka secara langsung. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu internet semua bisa saling berkomunikasi secara jarak jauh atau dalam jaringan (daring).


Perbedaan E-Learning dan Blended Learning

E-Learning dan Blended Learning sebenarnya hampir sama dari segi pengertian bahasa, namun ada sedikit kelebihan yang terdapat pada teknik pembelajaran Blended Learning.


E-Learning adalah sebuah teknik pembelajaran dalam jaringan (daring) yang memanfaatkan internet untuk saling terhubung namun interaksi antara pemberi materi dan yang di bimbing sebatas pertukaran data informasi saja. Artinya, mereka tidak dapat berkomunikasi dua arah secara langsung. Salah satu contoh adalah Google Classroom.

Sedangkan Blended Learning adalah sebuah teknik pembelajaran dalam jaringan (daring) yang memanfaatkan internet untuk saling terhubung namun interaksi antara pemberi materi dan yang di bimbing sangat luas dan tidak terbatas. Artinya, mereka bisa saling berkomunikasi secara realtime dan berlangsung dua arah. Misalnya: video conferrence, voice note dan komunikasi interaktif lainnya.



Kesimpulan

Yang membedakan teknik pembelajaran antara E-Learning dan Blended Learning adalah lebih mampunya kedua belah pihak untuk saling berkomunikasi secara langsung dan realtime pada jenis Blended Learning, sedangkan E-Learning hanya sebatas pertukaran data informasi saja tanpa adanya komunikasi secara langsung antara kedua belah pihak.


Namun, semuanya tergantung kebutuhan jika sebuah perusahaan atau kursus skala besar lebih sering menerapkan Blended Learning dalam komunikasi jarak jauhnya.

Nah, kini anda jadi tahu tentang Kenali Perbedaan E-Learning dan Blended Learning dalam Pembelajaran Daring.



Total dibaca: 1113x | Berikan Komentar!


Harus Tahu Tekno
Penulis : Harus Tahu Tekno
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita teknologi digital terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Menjaga Kebersihan Lingkungan Makam Sebagai Wujud Kepedulian Dari PM Kapernaum Labuan Bajo
NULIS ?