Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Wikimedia Commons Sebagai Penyedia Gambar No Copyright

Wikimedia Commons Sebagai Penyedia Gambar No Copyright

wikimedia commons

HarusTahu.info - Pernahkah teman-teman sekalian membaca di situs wikipedia? Tentunya dong, bisa dipastikan jika semua pengguna internet pernah memakai wikipedia, ada yang sekedar untuk mencari informasi mengenai suatu hal (benda atau peristiwa). Atau bahkan ada yang selalu menggunakan wikipedia sebagai referensi paling terpercaya dan terlengkap dalam mengerjakan suatu tugas di sekolah.

Yang pastinya, apapun preferensi personal kalian mengenai wikipedia, tentunya situs ensiklopedia terlengkap seperti wikipedia ini tentunya akan sangat membosankan bukan? Jika penjelasan dan materi konten yang ada tidak disertai gambar ilustrasi ataupun foto penjelas, setuju tidak?

Untuk itu sendiri, sebenarnya wikipedia memiliki kenalan yang  masih satu naungan dengan situs tersebut, yakni wikimedia commons! Apa itu wikimedia commons? Mari kita bahas lagi lebih mendalam.

Mengenal Wikimedia Commons Lebih Dekat

Dilansir dari wikipedia sendiri, wikimedia commons adalah tempat penyimpanan gambar-gambar dan berkas-berkas multimedia berlisensi bebas. Yang artinya wikicommons adalah sebuah situs yang bersifat terbuka bagi publik yang sudah mendaftar dan bergabung bersama mereka untuk mengunggah foto, gambar, dan karya yang nantinya bakalan diberikan lisensi bebas (No Copyright!).

Cara menjadi anggota wikicommons pun sangatlah mudah dan tidak dibatasi, anda tinggal sign up menggunakan email di kolom pendaftaran.


Yang memang pada dasarnya keanggotaan dan kontribusi orang-orang di wikicommons adalah sukarela dan tidak dibayar, sebanyak apapun karya dan gambar yang anda berikan disana tidak akan pernah dihargai dengan komisi uang, dan malah jika anda mengunggah karya disana berarti anda setuju agar hasil karya dapat disebarluaskan dan dipakai oleh orang-orang diseluruh dunia dengan gratis dan bebas.


Pendirian wikipedia dan wikimedia sendiri bukanlah sebuah organisasi yang mencari keuntungan, melainkan murni secara sukarela untuk berkontribusi dalam menyediakan informasi dan edukasi bagi seluruh pengguna internet dunia.

Bayangkan ada berapa banyak orang yang terbantu jika anda memiliki sebuah foto/hasil gambar yang digunakan di salah satu artikel wikipedia, karena wikipedia bekerja sama dengan wikicommons dalam hal penyediaan file gambar, audio, maupun video yang berfungsi sebagai penunjang artikel ensiklopedia mereka.


Jadi istilah di masyarakat kita adalah hibah demi kepentingan umum, menghibahkan karya dan pemikiran kita untuk kemaslahatan orang banyak yang ingin mencari tahu sebuah informasi dari suatu peristiwa ataupun benda.


Ladang Amal Sekaligus Ladang Foto Berlisensi Bebas

Maka dar itu, bagi anda yang kebingungan mencari stok foto yang bebas hak cipta maka jangan bingung lagi, langsung saja pergi ke wikimedia commons, karena bisa saya pastikan jika 100% material gambar dan foto yang ada disana merupakan kategori lisensi CC0 atau paling tidak seminimal mungkin CC BY-SA 4.0 yakni dianjurkan untuk tidak lupa memberikan credit berupa atribusi kepada pemilik karya aslinya.


Namun, bukankah itu semua adalah hal yang sering kita lakukan sebagai etika dalam berkarya? Tidak lupa dalam mencantumkan nama kreator berupa bentuk penghargaan atas kerja kerasnya berkreasi?

Dan disini juga, seperti yang sebelumnya saya bilang, adalah tempat yang bagus untuk menyebarkan karya anda walaupun untuk awal-awalnya dirasa sangat tidak menguntungkan, namun ini bisa dipakai sebagai ajang promosi untuk diri anda karena wikipedia memiliki koneksi yang besar baik di mesin penelusuran maupun di anggapan orang-orang awam.

Jikapun anda masih belum merasakan keuntungan apa yang anda dapat dari berkarya tanpa imbalan di wikicommons, setidaknya pikirkanlah orang-orang dari berbagai penjuru dunia yang memakai karya anda sebagai pembelajaran, anak-anak sekolah yang mengerjakan tugas kliping mereka, para guru yang meminjam gambar anda untuk presentasi di depan kelas, atau bahkan anak kuliah yang membutuhkannya saat membuat skripsi, itu semua akan menjadi amal yang terus mengalir bagi anda.




Total dibaca: 1726x | Berikan Komentar!


Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Kapan Suatu Negara Mengalami Inflasi Ekonomi dan Apa Penyebab dari Inflasi?
NULIS ?