Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Berapa Gaji Digital Marketing di Indonesia

Berapa Gaji Digital Marketing di Indonesia

Berapa Gaji Digital Marketing di Indonesia (harustahu.info)

HarusTahu.info - Gaji adalah bahasan, yang menurut gue, sangat sensitif untuk dibahas, terlebih untuk digital marketing, dimana cakupannya yang luas, sehingga pertanyaan Berapa Gaji Digital Marketing itu makin terasa berat.


Berapa Gaji Digital Marketing di Indonesia

Jujur, waktu gue ikutan kursus digital marketing yang diadakan oleh salah satu tempat kursus bonafide di Indonesia, yang gue cari pertama kali bukanlah kesempatan untuk banting setir menjadi digital marketer. Bukan itu yang pertama kali terlintas dipikiran, yang muncul di pikiran, justru mencari kenalan baru, ilmu baru dan belajar langsung dengan instruktur yang berpengalaman, itulah yang gue cari.



Terdengar sombong? mungkin aja. Tapi bener sih, sejauh ini gue ikut kursus, bukan serta merta untuk cari sertifikat atau setelah kursus terus dapet predikat lulusan dengan spesialisasi khusus digital marketing, dimana, memang demand-nya yang lagi tinggi.



Kursus ini juga membuka wawasan baru buat gue, bahwa yang namanya kursus, itu peserta beneran beragam latar belakangnya, ada yang udah jadi ibu rumah tangga, ada yg jadi wanita karir di perusahaan luar negeri, ada yang baru lulus kuliah, ada yang lagi kuliah, ada yang mau ganti kerjaan, macem-macem. Dan itu berarti cara berpikir dan mengalokasi waktu untuk belajar, juga macem-macem.



Dan hampir semua dari mereka bicara tentang nantinya berharap akan jadi karyawan disuatu perusahaan bonafide di Jakarta, ngurusin hal yang keren dan bergengsi dan harapan gaji tinggi juga.



Ngomongin soal gaji dibidang digital marketing, itu beragam, bergantung pada area spesialisasi, calon perusahaan yang dituju dan levelnya juga. Salah satu startup milik teman gue, lifepal.co.id, menulis bahwa gaji content writer itu dikisaran 5jt per bulan, ini kelas full time writer ya. Silakan baca tautannya disini.



Berapa Gaji Digital Marketing di Indonesia



Itu hanya kisaran gaji untuk konten writer, gimana dengan job digital marketing lainnya, misal PPC Specialist? SMO Specialist? SEO Specialist? dan lainnya?



Tergantung perusahaan dan tergantung nego gaji kalian juga sih, tapi bagian terakhir ini ga akan naik signifikan kok, perusahaan juga udah tau, batas atasnya dari gaji dari posisi yang dibuka itu ada di angka berapa. Kalo gue bilang, nego tipis di kisaran 5-10% masih oke lah buat mengasah skill negosiasi kalian.



Sebagai tambahan, ini ada data gaji dari Kelly Service untuk tahun 2020 – 2021. Tapi, ada satu hal lain yang menurut gue agak dianggap remeh, yaitu penghasilan sampingan dengan bekerja sebagai digital marketing consultant. Untuk SEO Audit saja, kalian bisa dapat minimal 2 juta untuk 1 Site SEO Audit, belum buat jasa PPC di Facebook dan Google Ads. Kalian juga bisa lho dapetin portofolio dari pakai cara semacam ini. Once porto kalian udah oke, ga perlu takut untuk fight ke level yang lebih tinggi.


Ingat ya, fight ke level yang lebih tinggi untuk bisa kontribusi ke perusahaan lebih tinggi lagi. Hari gini, udah susah atau kalo ga mau dibilang ga ada perusahaan yang mau kasih gaji gede tapi minim kontribusi.


Justru disini-lah nilai tambahnya menurut gue, skill baru digabungkan dengan skill yang udah kita punya untuk meningkatkan nilai jual, ga selalu skill baru berarti banting setir jadi pekerja dibidang baru, mulai dari nol.


Dimulai dari Nol Ya Kak! Cukuplah itu slogan di SPBU Pertamina aja ya.


Salam Super!


Total dibaca: 254x | Berikan Komentar!


Penulis : Grace Liem
Digital Marketing Enthusiast

Digital Marketing Enthusiast

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Dapatkan Token Gratis Cek PLN.co.id Setiap Awal Bulan, Bisa Juga via Whastapp
NULIS ?