Jago Lagu
[CLOSE]

Berkenalan Dengan Pesut Mahakam, Lumba Lumba Air Tawar Yang Sedang Viral

Berkenalan Dengan Pesut Mahakam, Lumba Lumba Air Tawar Yang Sedang Viral

Berkenalan Dengan Pesut Mahakam, Lumba Lumba Air Tawar Yang Sedang Viral

HarusTahu.info - Akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan tentang Pesut Mahakam, apa sebenarnya pesut mahakam itu?

Pesut Mahakam memiliki nama latin Orcaella brevirostris. Dikutip dalam buku 'Mamalia: Lebih Dekat dengan Makhluk Menyusui" oleh Syerif Nurhakim Dede Abdurohman, pesut sering disebut dengan lumba-lumba air tawar.

Meski disebut juga lumba-lumba air tawar, pesut punya karakteristik yang berbeda dengan lumba-lumba yang hidup di laut. Pesut memiliki sirip punggung yang kecil dan membulat di tengahnya. Dahinya tinggi dan membulat tetapi tidak bermoncong. Panjang pesut dewasa bisa mencapai sekitar 2,3 meter dengan berat hingga 130 Kg.

Tempat Hidup Pesut Mahakam

Pesut Mahakam adalah simbol dari Provinsi Kalimantan Timur. Sungai Mahakam menjadi lokasi tempat tinggal pesut. Dikutip dalam World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, pesut Mahakam merupakan satu-satunya lumba-lumba air tawar yang dimiliki Indonesia.

Habitat pesut Mahakam bisa ditemukan di wilayah perairan Sungai Mahakam yang sebagian besar berada di Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Kutai Kartanegara.




Siklus Hidup Pesut Mahakam

Ptes.org menyebutkan, pesut sebagian besar ditemukan di sepanjang 200 KM Sungai Mahakam, danau, anak sungai dan lahan basah di sepanjang itu. Sejak tahun 2009, habitatnya telah menurun secara substansial.

Jumlah ikan yang semakin berkurang dikarenakan konversi daerah rawa pemijahan ikan menjadi kebun kelapa sawit di habitat inti pesut.


Penyebab kelangkaan pesut Mahakam yang lainnya adalah karena polusi suara bawah air dari tongkang batubara yang melintasi anak sungai pesut juga menjadi masalah serius. Akibatnya, populasi pesut terbesar terjadi di bagian Mahakam yang lebih pendek (100 KM) dan menghabiskan sebagian besar waktunya di persimpangan dua sungai karena ini adalah tempat yang paling aman untuk mencari makan dan bermain.


Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem serta PP Nomor 7 Tahun 1999, pesut Mahakam merupakan jenis satwa yang dilindungi.


Aturan perlindungan terhadap hewan ini juga berasal dari Badan Konservasi Internasional IUCN (International United of Conservation Nature and Natural Resources). IUCN sudah menetapkan pesut Mahakam masuk kategori satwa kritis dan terancam punah (critically endangered species).


Kini anda telah Berkenalan Dengan Pesut Mahakam, Lumba Lumba Air Tawar Yang Sedang Viral




Total dibaca: 2351x | Berikan Komentar!


Penulis : Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Stop Sebar Berita Hoax Mamah Dedeh Tidak Meninggal Dunia
NULIS ?