Jago Lagu
[CLOSE]

Platform Nulis Masih Beroperasi atau Tidak sih?

Platform Nulis Masih Beroperasi atau Tidak sih?

Apakah Platform Nulis Masih Beroperasi atau Tidak?

HarusTahu.info - Pernah mendengar tentang platform Nulis sebelumnya? Sebuah wadah bagi para penulis untuk mengirim karya hasil tulisannya, dan jika artikelnya tesebut menarik maka mereka bisa mendapatkan bayaran yang dipatok mulai dari Rp. 15,000. 

Platform ini cukup dapat menarik perhatian penulis-penulis freelancer yang menginginkan uang masuk tambahan.

Kebanyakan dari mereka mungkin membaca artikel yang berseliweran di penelusuran mengenai media yang membayar penulisnya untuk setiap artikel yang ditayangkan. Namun sayangnya, beberapa dari artikel tersebut kurang up to date, seperti di artikel satu ini contohnya DISINI.

Pengalaman saya pribadi saat ingin mendaftar ke Nulis tak beberapa lama ini, sewaktu mencoba registrasi disitu aman-aman saja tidak ada kendala yang berarti, lalu masalah yang sebenarnya muncul saat kita ingin login menggunakan akun yang sudah kita daftar/registrasikan tadi!

" Wrong Username or Password " kata sistemnya saat saya mencoba memasukkan E-mail dan kata sandi dengan benar


Waktu itu saya berpikir bahwa kesalahan ada pada saya, entah typo atau salah spasi, lalu langsung saya ulangi hingga berkali-kali sampai akhirnya yakin bahwa kesalahan bukan berasal dari diri sayanya, melainkan memang ada yang tidak beres dengan sistemnya.


Langsung saya tekan tombol forget password yang kebetulan memang terletak dibawah bilah masuk, setelah saya pencet dan saya memasukkan nama E-mail saya kembali yang keluar malah kalimat seperti ini :

The email could not be sent. Possible reason: your host may have disabled the mail() function.


Yang merupakan pengaturan dari pengelola situsnya yang membuat seperti ini, yang artinya memang kesalahan bukan dari saya, namun memang ada yang tidak beres dengan platform Nulis.

Bukan tidak mungkin akan ada banyak orang baru dalam bidang tulis menulis yang terjebak dalam ketidaktahuan, dan akhirnya kebingungan sendiri, hingga terbesit dalam pikirannya ' Apakah Nulis sudah tutup? '


Saya adalah salah satu contoh yang terjebak dan sempat bingung awalnya, namun mungkin sekarang saya adalah satu-satunya yang dapat memastikan apakah Nulis sudah berhenti beroperasi atau belum?


Jawabanya adalah YA! Platform Nulis sudah dihentikan operasinya dan tidak ada lagi penulis baru yang bisa bergabung, jangankan untuk bergabung, penulis yang lama pun mungkin sudah pada cabut duluan dari platform tersebut.

Disana saya hanya melihat beberapa artikel yang fresh, alias baru ditulis tidak beberapa lama, dengan nama penulisnya Anton Ryadie. Usut punya usut, saya telusuri akun pribadi Facebook dan Instagramnya ternyata dia adalah Head of Content di Baca.


Bisa kita cari sendiri informasi seputar aplikasi Baca, namun akan saya jabarkan ringkasnya adalah aplikasi penyedia berita online, aggregator lah istilah kerennya. Namun, yang bisa kita ketahui sendiri jika aplikasi semacam itu kurang diminati sekarang.

Namun kita tidak bisa meremehkan Baca begitu saja, komunitasnya sudah lumayan besar dengan jumlah unduhan mencapai 10 juta kali unduhan di Playstore. Dan asal kalian tahu saja, jika Nulis adalah platform yang dikembangkan oleh Baca, atau istilah lainnya adalah anak perusahaan / produk turunan.

Jadi, saat anda mengunggah artikel di Nulis maka artikel tersebut akan juga ditampilkan di aplikasi Baca jika layak ditampilkan oleh tim moderatornya.


Aggregrator besutan perusahaan News in Palm tersebut kabarnya sempat menyuntikkan dana sebesar US$ 10 juta atau sekitar Rp. 13 milliar kepada platform Nulis yang merupakan anaknya. Namun itu berita lama, sekitar tahun 2017, lalu kita lihat keadaan platfrom Nulis sekarang!

Saya pun sempat bertanya-tanya singkat kepada Mas Anton Ryadie di akun Instagramnya mengenai platform Nulis tersebut, memang benar adanya jika platform Nulis memang untuk sementara waktu tidak dioperasikan. Entah apa alasannya, kemungkinan yahh karena masalah efisiensi dan pendapatan yang kalah saing.

Namun masih membuka peluang platform Nulis kembali bangkit dan mulai membangun kembali bisnis medianya. Tapi setelah saya cek situsnya belakangan ini, mereka memang benar-benar telah menutup aksesnya secara total, untuk masuk ke home beranda websitenya pun kita tidak bisa.



Total dibaca: 745x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Pendaftaran Terakhir Gelombang 12 Kartu Prakerja Tanggal 26 Februari 2021, Cara Mengatasi Error Unggah Foto KTP
NULIS ?