Jago Lagu
Jago Lagu

Sinopsis dan Review Novel "Laut Bercerita" Karya Leila S. Chudori

Sinopsis dan Review Novel

Sinopsis dan Review Novel "Laut Bercerita" Karya Leila S. Chudori (harustahu.info)

HarusTahu.info - Salah satu novel best seller pada Juli 2022 adalah Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori, seberapa menarik isi dari alur noverl tersebut? Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih jauh sinopsis dan review dari novel karya leila s chudori ini.

    Sinopsis Novel Laut Bercerita

    Novel berjudul Laut Bercerita karya Leila S. Chudori ini adalah novel yang mengambil sisi tabuh dari sejarah besar bangsa Indonesia. Sebagai orang yang mempelajari dan mengajarakan sejarah aku sadar betul bahwa topik seperti ini masih sangat jarang dibicarakan, bahkan diruang diskusi yang dipenuhi oleh anak-anak muda yang seharusnya mempunyai potensi untuk peka.

    Jakarta, Maret 1998

    Di sebuah senja, di sebuah rumah susun di Jakarta, mahasiswa bernama Biru Laut disergap empat lelaki tak dikenal. Bersama kawan-kawannya, Daniel Tumbuan, Sunu Dyantoro, Alex Perazon, dia dibawa ke sebuah tempat yang tak dikenal. Berbulan-bulan mereka disekap, diinterogasi, dipukul, ditendang, digantung, dan disetrum agar bersedia menjawab satu pertanyaan penting: siapakah yang berdiri di balik gerakan aktivis dan mahasiswa saat itu.

    Jakarta, Juni 1998

    Keluarga Arya Wibisono, seperti biasa, pada hari Minggu Sore memasak bersama, menyediakan makanan kesukaan Biru Laut. Sang ayah akan meletakkan satu piring untuk dirinya, satu piring untuk sang ibu, satu piring untuk Biru Laut, dan satu piring untuk si bungsu Asmara Jati. Mereka duduk menanti dan menanti. Tapi Biru Laut tak kunjung muncul.

    Jakarta, 2000

    Asmara Jati, adik Biru Laut, beserta Tim Komisi Orang Hilang yang dipimpin Aswin Pradana mencoba mencari jejak mereka yang hilang serta merekam dan mempelajari testimoni mereka yang kembali. Anjani, kekasih Laut, para orangtua dan istri aktivis yang hilang menuntut kejelasan tentang anggota keluarga mereka. Sementara Biru Laut, dari dasar laut yang sunyi bercerita kepada kita, kepada dunia tentang apa yang terjadi pada dirinya dan kawan-kawannya.


    Laut Bercerita, novel terbaru Leila S. Chudori, bertutur tentang kisah keluarga yang kehilangan, sekumpulan sahabat yang merasakan kekosongan di dada, sekelompok orang yang gemar menyiksa dan lancar berkhianat, sejumlah keluarga yang mencari kejelasan makam anaknya, dan tentang cinta yang tak akan luntur.


    Review Novel Laut Bercerita

    Buku Laut Bercerita karya Leila S. Chudori ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang bernama Biru Laut Wibisono yang merupakan seorang mahasiswa Sastra Inggris yang kuliah di Universitas Gajah Mada. Bersama teman-teman seperjuangannya di Yogyakarta, mereka tergabung dalam kelompok kecil yang bernama Winatra. 

    Pada buku ini cerita berjuangan biru Laut juga dibumbui dengan kisah romansa masa muda Biru Laut dengan kekasihnya yang bernama Anjani.


    Sebagai seorang anak dan kakak, kehidupan keluarga Laut merupakan keluarga yang harmonis dan hangat. Kedekatan Laut dengan adiknya Asmara Jati juga merupakan kunci dari jalannya cerita Laut bercerita.


    Alur cerita pada Buku Laut Bercerita ini digambarkan melalui dua sudut pandang orang pertama yaitu Biru Laut Wibisono dan Asmara Jati Adiknya. Sudut pandang aku yang pertama yaitu datang dari Laut digambarkan ketika ia dan teman-teman melalui perjuangan dalam bersuara. 




    Hits: 1236x | Berikan Komentar!

    Roni Setya
    Sastra, Jokes, And Blogger

    Semua itu indah tinggal bagaimana cara kita menikmati hidup ini saja :)

    Komentar (0)
    Tinggalkan Komentar
    Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
    Komentar ()

    MENARIK UNTUK DIBACA!

    Panduan Lengkap Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Video Conference
    NULIS ?