Jago Lagu
[CLOSE]

Bacaan Lengkap Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dan Sejarahnya

Bacaan Lengkap Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dan Sejarahnya

Bacaan Lengkap Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dan Sejarahnya

HarusTahu.info - Dirgahayu Republik Indonesia, tidak terasa sudah HUT ke 75 tahun indonesia merdeka. Tahukah anda bahwa Indonesia tidak berdiri begitu saja sebagai NKRI. 

Ada proses panjang dalam penyelenggaraan proklamasi kemerdekaan pada tahun 45 tersebut, berikut adalah sejarah dan naskah proklamasi kemerdekaan RI.


Naskah Proklamasi

Naskah proklamasi adalah sakral bagi bangsa Indonesia, di mana naskah inilah yang kemudian mampu membentuk sebuah negara yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia atau biasa dikenal sebagai NKRI.



PROKLAMASI
Kami bangsa Indonesia, dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen '05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.


merinding membacanya, seolah dunia mendengar bahwa telah lahir Bangsa Indonesia yang sebenarnya.



Sejarah Singkat Proklamasi Kemerdekaan RI

Proklamasi kemerdekaan Indonesia sendiri dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu, berita kekalahan Jepang dari pasukan Sekutu menjadi angin segar bagi Indonesia. 

Golongan muda yang bersifat agresif-progresif segera bergerak dengan "menculik" Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok untuk segera mengumumkan kemerdekaan Indonesia.



Mereka tak mau kalau terlalu lama menunggu malah menjadi permasalahan yang panjang. Dengan membacakan Proklamasi kemerdekaan, maka posisi Indonesia akan lebih kuat di mata dunia. Setelah peristiwa ini, Soekarno dan Hatta harus segara menyiapkan segala sesuatu terkait Proklamasi. Mereka harus menyiapkan rumusan teks untuk menandai kemerdekaan Indonesia. 

Ketika itu, 16 Agustus 1945, bertepatan dengan 8 Ramadan 1364 Hijriah atau dalam suasana bulan suci penuh berkah. Segera dari Rengasdengklok, Achmad Soebardjo membawa kedua pemimpin negara itu menuju rumah Laksamana Maeda.   Di ruang makan Laksamana Maeda dirumuskan naskah Proklamasi kemerdekaan yang merupakan pemikiran tiga tokoh, yaitu Soekarno, M Hatta, dan Achmad Soebardjo. 

Proses penyusunan naskah ini juga disaksikan golongan muda yang diwakili oleh Sukarni, Sudiro, dan BM Diah. Sementara, dari pihak Jepang ada S Miyoshi dan S Nishijima. Ruang makan itu menjadi saksi bisu penyusunan teks Proklamasi. 


Dirgahayu Republik Indonesia ke 75, semoga makin jaya dan menjadi negara yang tangguh.

Itulah Bacaan Lengkap Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dan Sejarahnya



Total dibaca: 1633x | Berikan Komentar!


Paling Viral
Penulis : Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Gelombang 4 Kartu Prakerja Kembali di Tunda, Ada Apa?
NULIS ?