Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Polemik di balik Kasus Siti Fadilah dan Coronavirus

Polemik di balik Kasus Siti Fadilah dan Coronavirus

Poemik Kasus Siti Fadilah (Google Images)

HarusTahu.info - Akhir-akhir ini nama Siti Fadilah kembali naik daun, Pasalnya politikus Demokrat Andi Arief angkat bicara soal terpidana korupsi eks Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari kembali dipulangkan ke Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur setelah sempat dirawat Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) karena dikhawatirkan tertular virus Corona (Covid-19).

Terkait hal itu, Andi Arief menganggap dikembalikannya Siti Fadila ke Rutan Pondok Bambu menandakan kebijakan yang saling berseberangan di lingkaran pemerintah dalam menangani penyebaran Corona di penjara.

"Mengembalikan Siti Fadilah Supari ke Penjara Pondok Bambu menunjukkan ada persepsi tidak seragam soal kedaruratan wabah Corona saat ini yang sudah menyebabkan 50 orang positif Corona di Penjara Pondok Bambu," kata Andi melalui keterangannya, Selasa (26/5/2020).

Menurut Andi, seharusnya Menteri Hukum Dan HAM RI, Yasonna Laoly memiliki pertimbangan untuk merujuk Siti tetap berada di RSPAD, tanpa mengikuti perintah Undang Undang. Sebab, narapidana kasus suap alat kesehatan itu memiliki riwayat penyakit Asma yang sangat rentan terpapar virus covid-19.

"Ada baiknya Menteri Yassona Laolay gunakan diskresi terhadap seorang ibu berusia lebih 70 tahun dengan berbagai penyakit bawaan yang berpotensi terpapar corona di penjara," kata dia.


Andi mengatakan bahwa Siti dianggap bukan sebagai koruptor. Namun, Siti banyak berjasa di bidang kesehatan di masa Presiden era Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).


"Bu Siti Fadilah bukan koruptor dan penjahat besar. Ada banyak jasanya dalam sistem kesehatan Indonesia," ucap Andi.

Dengan demikian, Andi mendesak agar Siti Fadilah segera dibebaskan agar bisa membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemi Corona.


"Segera bebaskan Siti Fadilah, pakai ilmu dan pengalamannya untuk kepentingan kita semua, seperti yang pernah ia perjuangkan dan menang melawan wabah flu burung dan WHO dulu," kata dia. 


Untuk diketahui, Siti Fadillah sempat dirujuk ke RSPAD, pada Rabu (20/5/2020) lalu guna mencegah penyebaran Covid-19 di dalam Rutan Pondok Bambu. Apalagi, diketahui Siti mempunyai riwayat penyakit Asma.


Selama dirawat, Siti sempat menempati Ruang Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto. Kemudian, pada Jumat (22/5/2020), Siti direkomendasikan pihak Ditjen PAS dan RSPAD untuk menjalani pengobatan di klinik Rutan Pondok Bambu lantaran dianggap sudah dalam kondisi sehat.


Artikel ini telah tayang di Suara.com, dengan judul "Andi Arief: Bebaskan Siti Fadilah, Pakai Ilmu dan Pengalamannya"



Total dibaca: 588x | Berikan Komentar!


Paling Viral
Penulis : Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

WhatsApp Web Cara Mudah Akses Whatsapp Lebih dari Satu Perangkat
NULIS ?